Hany Abu-Assad Sutradara Palestina Yang Raih Dua Kali Nominasi Oscar


Sutradara Hany Abu-Assad menerima nominasi Oscar untuk kategori Best Foreign-Language lewat film yang mengangkat tema Palestina berjudul ‘Omar’. Ini adalah film kedua Abu-Assad yang masuk Academy Awards setelah ‘Paradise Now’ pada 2006 lalu.

‘Omar’ yang mengambil set di West Bank, bercerita tentang pria Palestina yang terjebak dalam kekerasan di sekitarnya. Ia ditahan Israel, dan diminta untuk mengkhianati sahabat kecilnya.

Abu-Assad yang lahir di Nazareth, berimigrasi ke Belanda pada 1980. Namun ia menunjukkan identitasnya sebagai orang Palestina, yang kemudian memicu perdebatan di Israel.

Pada 2006, film ‘Paradise Now’ yang disutradarainya berhasil memenangkan Piala Golden Globe untuk kategori Best Foreign-Language. Film itu diangkat dari skenario yang ditulisnya bersama produser Belanda Bero Beyer, dan bercerita tentang 48 jam menegangkan sebelum dua orang sahabat dikirim ke Israel untuk misi bunuh diri.

Meski menang Golden Globe, namun Abu-Assad gagal mengulang kesuksesannya di Oscar saat itu. Filmnya kalah dari perwakian Afrika Selatan, ‘Tsotsi’, bercerita tentang kehidupan anak jalanan.

‘Omar’ adalah film perdana Abu-Assad yang mendapat dukungan penuh dari industri film Palestina. Fim ini juga sempat melakukan penawaran di Cannes Film Festival dan memenangkan Jury Prize.

Untuk mendapatkan Oscar, ‘Omar’ harus mengalahkan pesaingnya ‘The Broken Circle Breakdown’ (Belgia) arahan sutradara Felix Van Groeningen yang bercerita tentang pasangan yang memiliki putri penderita kanker, ‘Great Beauty’ (Italia), ‘The Hunt from Thomas Vinterberg’ (Denmark), Kamboja (The Missing Picture from Rithy Panh), serta Un Certain Regard.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s