Profile Didik Nur Budiaji Pemalsuan Akun Facebook Sutradara Hanung Yang Tipu dan Tiduri Banyak Wanita Calon Artis


Didik Nur Budiaji, pelaku pemalsuan akun Facebook sutradara Hanung Bramantyo diduga telah menipu sejumlah wanita. Pelaku menipu para korban dengan modus menjadikan sebagai artis film dan diajak casting. “Dia modusnya itu ‘lu mau nggak jadi artis. Gue kenal sama Hanung’,” ujar Hanung kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Kepada calon-calon korban, kata Hanung, pelaku mengaku sebagai asisten sutradara Hanung. “Saya sendiri nggak kenal sama dia. Saya nggak tahu siapa dia (entertainer atau bukan-red),” imbuhnya. Hanung menambahkan, pelaku sudah ‘beroperasi’ sejak tahun 2009. Suami dari artis Zaskia Mecca ini menduga, korban pelaku sudah banyak.

“Kayaknya sudah banyak yang kena. Dan kayaknya korbannya banyak wanita,” lanjutnya. Hanung sendiri sudah sering menerima laporan soal adanya orang yang mengaku-aku sebagai dirinya di akun Facebook. Bahkan di situs jejaring sosial itu, banyak bertebaran akun Facebook palsu atas namanya ‘Hanung Bramantyo Anugroho’.

“Yang sudah lapor ke saya langsung sudah ada 3-4 orang dan saya katakan bahwa itu palsu,” pungkasnya.Didik Nur Budiaji, pelaku pemalsuan akun Facebook Hanung Bramantyo diduga sudah memakan banyak korban perempuan. Para korban tidak hanya dimintai uang, tetapi juga sudah ada yang ditiduri.

“Dia (pelaku-red) mengaku sudah ‘memperkosa’ satu perempuan,” kata Hanung Bramantyo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (24/7/2014).Hanung mengungkapkan, pelaku menyetubuhi korban dengan alasan korban harus bisa mempraktekkan adegan ranjang. “Seolah-olah casting untuk adegan ranjang,” imbuhnya. Tidak hanya menyetubuhi korban, pelaku juga meminta sejumlah uang kepada korban. Alasannya sebagai ‘pelicin’ agar lolos casting.

“Dia mintanya jutaan, ada yang Rp 3 juta, Rp 5 juta, variatif,” lanjutnya.Bahkan, korban terakhir berinisial H sudah mentransfer uang Rp 10 juta ke rekening pelaku.”Korban yang ini mungkin yang paling banyak kerugiannya,” cetusnya.Hanung tidak bisa menyebut berapa jumlah korban penipuan yang sudah mengatasnamakannya. Namun, ia menduga pelaku memakan korban banyak. “Kayaknya sudah banyak dan kayaknya cewek semua korbannya,” pungkasnya.

Sutradara muda, Hanung Bramantyo Anugroho melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya. Suami dari artis Zaskia Mecca itu melaporkan penipuan yang menggunakan akun Facebook atas namanya. “Saya melaporkan penipuan oleh seseorang yang menggunakan akun Facebook dengan nama saya, seolah-olah itu adalah saya,” ujar Hanung kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Dalam akun facebook Hanung Bramantyo Anugroho, si pelaku, kata Hanung, memasang fotonya di wall Facebook tersebut. “Di wallnya itu ada foto saya, Joko Anwar, Upi, lagi foto bareng. Jadi bener-bener dibikin seolah-olah itu adalah saya,” ujarnya. Hanung mengatakan, pelaku membuat akun tersebut sudah lama. Bahkan menurutnya, ia sendiri sudah sering menerima laporan akan adanya akun Facebook lain yang mengatasnamakannya.

“Kalau akun saya yang asli ada foto saya dan Zaskia. Sama nama akunnya juga, Hanung Bramantyo Anugroho,” imbuhnya. Dengan adanya akun Facebook palsu itu, Hanung merasa dirugikan. Pasalnya, pelaku meminta sejumlah uang kepada teman-teman di akun Facebook palsu itu mengatasnamakan dirinya. Atas hal ini, Hanung melaporkan pelaku ke Polda Metro Jaya. Dalam laporan bernomor TBL/2713/VII/2014/PMJ/Ditreskrimsus, pelaku dilaporkan atas tuduhan Pasal 310 KUHP dan 311 KUHP dan Pasal 27 dan 49 UU ITE.

Pemalsu akun facebook sutradara muda, Hanung Bramantyo, akhirnya ditangkap setelah menipu sejumlah wanita. Pelaku ditangkap setelah dijebak oleh istri Hanung, Zaskia Mecca bersama seorang perempuan yang menjadi korban si pelaku. “Sudah ditangkap pada Rabu (23/7) malam, sekitar jam 20.00 di tempat karaoke di Senayan City. Yang nangkap Zaskia sama polisi,” ujar Hanung kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Hanung menceritakan, awalnya Zaskia dihubungi oleh seorang perempuan berinisial H. Kepada Zaskia, H mengklarifikasi soal tawaran kasting untuk membintangi sebuah film yang tengah digarap oleh Hanung. “Korban ini telepon Zaskia, apa benar suami kamu ajak kasting di kamar hotel?” ujar Hanung.

Karena Zaskia sendiri sudah sering mendapat laporan soal pemalsuan akun Facebook atas nama suaminya, ia pun langsung membantah hal itu. Kepada korban, Zaskia meminta agar korban untuk menjebaknya sehingga pelaku bisa tertangkap. “H ini kerjanya di Senayan City. Lalu Zaskia bilang (ke korban), ‘ya udah, kamu pura-pura saja mau kasting di hotel’. Tapi akhirnya jadinya di tempat karaoke di Senayan City,” imbuhnya.

Setelah korban setuju, akhirnya Zaskia mengajak Hanung untuk sama-sama menangkapnya. Di saat bersamaan korban dan pelaku bertemu, Zaskia melapor polisi dan menangkap pelaku di Senayan City.”Tadinya saya diajak Zaskia (untuk menangkap pelaku). Tetapi saya kebetulan lagi ada kerjaan yang tidak bisa ditinggal. Akhirnya Zaskia sama polisi datang ke sana,” ujar Hanung.

Setelah korban bertemu dengan pelaku, korban menghubungi Zaskia melalui SMS. Zaskia dan polisi pun meluncur ke lokasi. “Kemudian tertangkaplah pelaku,” pungkasnya. Pelaku yang belakangan diketahui bernama Didik Nur Budiaji pun digelandang ke Polda Metro Jaya. Pria yang mengenakan baju kotak-kotak itu langsung diperiksa sore ini, setelah Hanung membuat laporan polisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s