Pelawak Srimulat Mamiek Prakoso Meninggal Dunia


Pelawak Srimulat, Mamiek Prakoso, meninggal di Rumah Sakit Brayat Minulya, Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/8/2014) sekitar pukul 15.00 WIB. Mamiek mengembuskan napas terakhir di usia 53 tahun. Menurut informasi pihak Rumah Sakit kepada Kompas.com, pelawak asal Solo tersebut telah dirawat di rumah sakit sejak 1 Agustus 2014 karena sakit.

Belum diketahui di mana jenazah pria berjuluk “burung kepodang” itu akan disemayamkan sebelum dimakamkan.
Ucapan belasungkawa mengalir dari sejumlah selebritis. Salah satunya dari vokalis band Naif, David Bayu Danangjaya. “Selamat jalan istirahat dgn damai Mamiek Prakoso (pelawak) semoga diterima di sisi Nya,” kicau David lewat akun Twitter, @davidbayu. Ucapan duka cita juga datang dari penyanyi Glenn Fredly.

“Berduka untuk pelawak Srimulat Mamiek Prakoso yang meninggal dunia hari ini…Trimakasih kasih mas Mamiek.. #SrimulatLegenda,” kicau Glenn dalam akun Twitter, @GlennFredly. Sekadar informasi, Mamiek Prakoso lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 6 April 1961. Dia adalah pelawak Indonesia yang mengawali kariernya di grup lawak Srimulat. Ia juga adalah kakak kandung dari penyanyi campursari yaitu Didi Kempot.

Adik kandung Mamiek Prakoso, Eko Gudel menceritakan jika sebelum meninggal dunia kakaknya masih banyak canda dan tertawa di rumah sakit. Ia juga masih terlihat tegar. “Sebelum dirawat di Solo, H-2 lebaran sempat dirawat di Ngawi namun kemudian minta pulang pas hari lebaran. Tiga hari lalu, dia mengalami sakit lagi dan selanjutnya dikirim ke rumah sakit di Brayat Minulyo ini,” ungkapnya Minggu (3/8/2014).

Selama perjalanan dari Ngawi ke Solo, pihaknya sempat singgah di sebuah rumah sakit di Sragen karena Mamiek kesakitan. Tadi siang, kata Eko, kakaknya pun mengalami muntah darah. Kerabat Mamiek lainnya, Nunung juga mengatakan hal yang sama. “Katanya livernya bengkak,” tambahnya. Mamiek dikabarkan meninggal dunia pada pukul 14.35 WIB di Solo. Saat ini jenazahnya sedang disucikan dan selanjutnya akan dibawa ke rumah duka di Sidowayah, Ngawi. Rencananya jenazah Mamiek akan dimakamkan di Ngawi keesokan harinya.

Komedian kondang, Mamiek Prakoso alias Mamiek Podang, wafat di RS Brayat Minulyo, Solo. Belum ada keterangan resmi dokter. Namun pihak keluarga menyatakan Mamiek menderita problem lambung. Adik kandung Mamiek, Didi Kempot, mengatakan Mamiek wafat pada Minggu (3/8/2014) sekitar pukul 14.35 WIB, di RS Brayat Minulyo Solo. Mamiek meninggal ditunggui oleh keluarga dan kerabat.

“Kami tidak menyangka Mas Mamiek pergi secepat ini. Kami tidak mengetahui secara pasti dia menderita penyakit apa di akhir hayatnya. Dokter lebih paham. Tadi yang saya tahu, dia dirawat karena problem lambung,” ujar Didi Kempot kepada wartawan. Hal serupa juga disampaikan oleh Eko Gudel, adik Mamiek yang lainnya. Menurut Eko, Mamiek masih terlihat tegar dan banyak canda selama dua hari dirawat di RS Brayat Minulyo. Namun tadi siang Mamiek mengalami muntah darah dan akhirnya menghembuskan napas terakhir.

“Sebelum dirawat di Solo, H-2 lebaran sempat dirawat di Ngawi namun kemudian minta pulang pas hari lebaran. Tiga hari lalu, dia mengalami sakit lagi dan selanjutnya dikirim ke rumah sakit di Brayat Minulyo ini. Selama perjalanan dari Ngawi ke Solo, sempat singgah di sebuah rumah sakit di Sragen karena mengalami kesakitan,” ujar Eko. Saat ini jenazah Mamiek sedang disucikan dan selanjutnya akan dibawa ke rumah duka di Sidowayah, Ngawi. Rencananya jenazah Mamiek akan dimakamkan di Ngawi, Senin besok.

Mamiek adalah anak dari komedian kenamaan, Ranto Edi Gudel. Bersama-sama saudara-saudara di antaranya Sentot Selino, Didi Kempot, Eko meneruskan kiprah keluarga di dunia seni. Hingga wafat, Mamiek meninggalkan lima orang anak. Kabar duka datang dari dunia lawak Indonesia. Salah satu anggota Srimulat Mamiek Prakoso meninggal dunia sore ini karena penyakit liver yang diidapnya.

“Katanya livernya bengkak,” ujar sahabatnya Nunung, Minggu (3/8/2014). Namun kabar ini masih ingin dipastikan sendiri olehnya. “Tapi saya mau ke rumah sakit cari kepastian. Saya mau dengar dan lihat sendiri,” paparnya. Kabar kematian Mamiek ini didengar Nunung dari broadcast blackberry adiknya Mamiek. “Soalnya adiknya sendiri yang sudah broadcast beritanya.” Pria kelahiran Salatiga 1961 silam ini mengawali kariernya sebagai pelawak melalui grup lawak Srimulat. Ia juga adalah kakak kandung dari penyanyi Campursari yaitu Didi Kempot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s