Daftar Artis-artis Ibu Kota di Balik Bisnis Prostitusi Online Hadir Di Pengadilan


Sejumlah artis ibu kota diduga terlibat dalam bisnis prostitusi online. Kasus ini mulai terungkap pasca aparat Kepolisian menciduk Robbie Abbas pada 8 Mei. Tertangkapnya Robbie di sebuah hotel saat sedang mempertemukan seorang klien dengan “anak didik”-nya kala itu ikut menyeret nama beberapa artis ke dalam pusaran bisnis prostitusi online.
Apalagi kala itu Robbie diketahui tertangkap bersama AA yang disinyalir merupakan Amel Alvi, artis dan disk jockey ternama ibu kota.

Setelah ditangkap Mei lalu, Robbie hingga saat ini menyandang status sebagai terdakwa dalam perkara prostitusi online. Sementara AA dibebaskan karena tidak terbukti bersalah dan dianggap polisi sebagai korban. Setelah beberapa kali sidang perkara Robbie digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terungkap fakta bahwa AA merupakan kenalan Tyas Mirasih dan Shinta Bachir, dua artis ternama dari Jakarta. Dalam salinan lembaran Berita Acara Pemeriksaan (BAP) milik AA yang diterima CNN Indonesia, terlihat nama Tyas dan Shinta ditulis sebagai artis yang dikenal oleh AA karena mereka pernah terlibat bersama dalam syuting sebuah film pada 2014.

“Benar, saksi kenal dengan saudari Tyas Mirasih dan saudari Shinta Bachir pada tahun 2014. Saksi tidak tahu bahwa profesi saudara Robbie Abbas alias Obie adalah mengenalkan saya sendiri, Tyas Mirasih, dan Shinta Bachir dengan klien/tamu,” tulis isi BAP tersebut. Kuasa hukum Robbie, Pieter Ell, mengatakan BAP tersebut menjelaskan bahwa Robbie berperan sebagai muncikari sekaligus pemesan kamar hotel yang akan digunakan oleh “anak didik”-nya bersama klien.

Pada paragraf-paragraf terakhir BAP, tertulis jelas pekerjaan saksi adalah DJ, artis, dan penyanyi. Saksi berkata sering diperkenalkan Robbie dengan klien saat sedang membutuhkan uang. Robbie memperkirakan hanya separuh dari pekerja seks komersial yang dikelolanya berprofesi sebagai artis. Para artis yang merangkap PSK itu memasang tarif mahal. AA misalnya disebut bertarif Rp 80 juta. Sementara tarif rekan-rekannya bervariasi, antara Rp30 juta hingga ratusan juta rupiah. Saksi kasus tindak pidana prostitusi online AA selesai memberikan kesaksian bagi terdakawa Robbie Abbas dalam persidangan di Pengandilan Negeri Jakarta Selatan, hari ini.

Sidang berlangsung sejak pukul 13.15 WIB selesai sekitar pukul 14.20 WIB. Usai menjalani sidang, AA yang berprofesi sebagai artis menutupi wajahnya dengan pasmina dan enggan memberikan keterangannya di depan hakim kepada awak media. Tanpa sepatah kata AA langsung menuju kendaraan yang telah menunggunya di depan gedung PN Jakarta Selatan dengan pengawalan ketat petugas kemanan. Sementara itu, pengacara Robbie Abbas, Pieter Ell yang mengikuti jalannya persidangan menuturkan bahwa keterangan AA dinilai meringankan kliennya.

“Menurut saya keterangan AA meringankan Robbie. Hampir selama 60 menit AA koperatif menjawab pertanyaan yang hakim tanyakan,” ujar Pieter di Gedung PN Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (1/30). Lebih lanjut, Pieter mengatakan AA telah menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh hakim terkait perkara prostitusi yang menjerat kliennya. Namun, dirinya enggan menjelaskan pertanyaan apa saja yang dilontarkan oleh hakim dan dijawab oleh AA. “Semua kronologis sudah ditanyakan dari awal sampai akhir. Hakimnya tanya tentang kebenaran berita acara dan dia mengaku apa yang ditanyakan itu benar,” ujarnya.

Pieter menuturkan dirinya tidak bisa melakukan penilaian terhadap keterangan saksi dalam persidangan tersebut. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Majelis Hakim untuk melakukan penilaian dengan sebaik mungkin agar kliennya mendapat keringanan. Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang tindak pidana prostitusi online yang dilakukan Robbie Abbas, Kamis (1/10). Agenda sidang hari ini adalah mendengarkan keterangan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) berinisial AA. Pada Kamis (22/9) lalu, Hakim mengeluarkan ketetapan untuk melakukan pemanggilan paksa terhadap AA karena telah mangkir tiga kali dalam persidangan.

“Hakim dengan berat hati mengeluarkan surat penetapan dengan Nomor 834 untuk menghadirkan saksi pada sidang selanjutnya dengan agenda yang sama,” ujar Pengacara Robbie Abas, Pieter Ell usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (22/9) Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan kembali menggelar sidang perkara prostitusi online yang melibatkan terdakwa Robbie Abbas, Selasa (6/10) siang ini. Sidang rencananya akan digelar pukul 13.00 WIB, dengan agenda melanjutkan pemanggilan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Setelah pada sidang pekan lalu Jaksa berhasil menghadirkan saksi berinisial AA, hari ini saksi lain yang berinisial TM dan SB disebut akan datang di persidangan. Kedua saksi yang akan dihadirkan itu berprofesi sebagai artis, sama seperti AA yang sudah datang di persidangan tertutup pekan lalu. Hal itu dibenarkan oleh kuasa hukum RA, Pieter Ell. Setelah sidang berlangsung pekan lalu, Pieter mengatakan bahwa keterangan AA saat itu meringankan kliennya.

“Hampir selama 60 menit AA koperatif menjawab pertanyaan yang hakim tanyakan,” ujar Pieter, Kamis lalu. Pieter mengatakan AA telah menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh hakim terkait perkara prostitusi yang menjerat kliennya. Namun dia enggan menjelaskan pertanyaan apa saja yang dilontarkan oleh hakim dan dijawab oleh AA. Robbie pernah mengatakan, para artis yang merangkap sebagai pekerja seks komersial memiliki tarif yang mahal. AA disebutkan memasang tarif Rp80 juta. Rata-rata para PSK yang ditawarkan Robbie memiliki tarif Rp30 juta hingga ratusan juta rupiah.

Sebelumnya, Pieter mengatakan Robbie tidak berperan aktif dalam bisnis prostitusi online yang melibatkan artis-artis tenar papan atas. Walau Pieter tidak menjelaskan siapa saksi dari kalangan artis yang akan hadir hari ini, namun sebelum persidangan terakhir, dia sempat menunjukkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kepada media.

Dalam BAP tersebut tercantum dua nama artis, yaitu Tyas Mirasih dan Shinta Bachir. “Saya harap baiknya mereka datanglah. Kan semua orang sama kedudukannya di mata hukum. Robbie juga tidak keberatan kok kalau mereka hadir di persidangan,” ujar Pieter di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dua pekan lalu. Saksi tindak pidana prostitusi online yang menghadirkan artis AA atas terdakwa Robbie Abbas menghadiri persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, hari ini (1/10). AA hadir untuk memenuhi panggilan paksa yang dikeluarkan oleh Majelis Hukum PN Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, AA tiba di PN Jakarta Selatan sekitar pukul 13.15 WIB dengan mengenakan pakaian serba hitam dan menggunakan cadar. AA yang hadir dengan didampingi oleh seorang perempuan dan sama sekali tidak mau berkomentar soal kedatangannya hari ini dan langsung masuk menuju ruang sidang utama PN Jakarta Selatan. Sidang dengan mengahdirkan saksi AA berlangsung tertutup dan dipimpin oleh Hakim Effendi Muhtar. Telihat juga, Robbie Abbas dan Pieter Ell selaku pengacara mengikuti persidangan tersebut.

Persidangan hari ini beragendakan mendengarkan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum. Sebelumnya, AA mangkir sebanyak tiga kali hingga akhirnya Majelis Hakim mengeluarkan ketetapan untuk melakukan pemanggilan paksa AA. Hingga berita ini diturunkan, sidang masih berlangsung dengan agenda mendengar keterangan saksi AA. Sebelumnya, Kuasa Hukum Robbie, Pieter Ell, mengatakan di dalam BAP atas nama AA tersebut, dijelaskan bahwa Robbie berperan sebagai mucikari sekaligus pemesan kamar hotel yang akan digunakan oleh ‘anak didik’nya bersama klien.

Robbie dikatakan sempat memesankan hotel di Kota Surabaya dan Jakarta untuk AA serta anak-anak didiknya yang lain.
Lihat juga:Saksi Prostitusi Online Mengaku Kenal Tyas Mirasih. Bahwa yang memesan kamar di Hotel adalah saudara Robbie Abbas. Saksi sudah berhubungan badan dengan tamu di Hotel Surabaya dan hotel di Jakarta,” tulis BAP tersebut. Selain itu, mucikari prostitusi online Robbie Abbas mengaku mengawali kariernya sebagai penata rias artis berpenghasilan Rp 700 ribu. Ia menjadi penata rias sejak tahun 1998 dan mencoba mencari penghasilan lain sebagai mucikari pada tahun 2012.

Cara mencari artis yang bisa diajak kencan menurutnya mudah. Jika mendengar kabar seorang artis bisa diajak kencan dengan bayaran tertentu, ia tak segan mencari tahu kebenaran isu tersebut. “Ada isu kalo dia (artis) bisa (diajak kencan), lalu saya cek,” ujar Robbie di Polres Jakarta Selatan saat itu. Robbie pernah mengaku memiliki beberapa anak didik yang bekerja sambilan. Pekerjaan mereka di antaranya adalah disc jockey seperti AA dan nama-nama artis yang mempunyai tarif mahal hingga puluhan juta rupiah. Terdakwa kasus tindak pidana prostitusi online, Robbie Abbas mengaku siap bertemu dengan saksi AA dalam persidangan siang ini. Sesuai agenda, persidangan hari ini beragendakan mendengar keterangan saksi dari Jaksa Penuntut Umum.

“Saya siap bertemu dengan di (AA). Tidak ada yang saya takuti,” ujar Robbie di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (1/10). Robbie enggan memberikan komentar soal kasus yang menjeratnya saat ini. Ia mengaku sudah menyerahkan semuanya ke pengacaranya yaitu Pieter Ell. Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, Robbie terlihat tenang dan percaya diri menjalani sidang hari ini. Namun, ada yang menarik, Robbie dikembalikan oleh petugas pengamanan sidang ke ruang tahanan pengadilan karena kesalahan waktu.

Robbie mengaku kecewa telah dibawa lebih awal ke dalam ruang sidang ketika sidang dengan perkara lain sedang berlangsung. “Sidang saya kan belum mulai. Kok saya sudah dibawa. Terdakwa lain kan belum di sidang,” ujar Robbie. Keduanya telah dijadwalkan bertemu dalam lanjutan persidangan, sebab AA akan menjadi saksi Robbie di Pengadialan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (1/10). Sidang kasus prostitusi di dunia maya memasuki babak baru hari ini. Jaksa Penuntut Umum bakal mendengarkan keterangan saksi berinisial AA yang sudah tiga kali mangkir setelah mendapat panggilan.

Keterangan AA diperlukan untuk menjelaskan apa yang sudah tertulis dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Dijelaskan dalam BAP bahwa Robbie Abbas yang berperan sebagai muncikari sempat memesan kamar di hotel di Surabaya dan Jakarta buat AA dan anak ‘binaannya’ yang lain. Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menunda jalannya sidang atas terdakwa mucikari RA. Hal tersebut dilakukan menyusul saksi yang rencananya dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum berhalangan hadir.

Pieter Ell selaku pengacara RA mengatakan hakim terpaksa menunda jalannya sidang dan telah menetapkan perintah kepada JPU untuk menghadirkan saksi pada sidang selanjutnya yang akan digelar pada 1 Oktober 2015. “Hakim dengan berat hati mengeluarkan surat penetapan dengan Nomor 834 untuk menghadirkan saksi pada sidang selanjutnya dengan agenda yang sama,” ujar Pieter di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, (22/9).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s