Orang Indonesia Suka Nguping

Nguping, Berbahaya tapi Bikin Penasaran. Hati-hati berbicara dekat orang lain karena survey membuktikan bahwa 70% orang Indonesia suka menguping pembicaraan orang lain.

Pernah lihat film-film romantis? Di beberapa adegan, ada sepasang kekasih saling berpelukan untuk melepas kangen. Biasanya sang cewek menyandarkan kepala ke pundak si cowok. Nah, pernah lihat juga orang lagi menyandarkan diri ke tembok atau pintu? Biasanya sih sambil mengerutkan dahi dan konsentrasi. Lagi kangen ama tembok? Kayaknya sih nggak. Tapi, bisa jadi si tukang curi omong alias penguping lagi beraksi!

Kegiatan mencuri dengar terkadang memang mengasyikkan. Bikin ketagihan untuk terus larut menyimak obrolan orang. Sebanyak 69,8 persen Responden juga pernah melakukan.

Ada asap pasti ada api. Para responden nggak begitu aja kurang kerjaan nguping obrolan orang. Yang terutama sih, mereka penasaran (51,0 persen). Sisanya, 30,2 persen, iseng dan 10,3 persen lainnya cari bahan gosip.

Salah seorang Responden yang pernah menguping pembicaraan temannya adalah Devi Ani. Awalnya pelajar SMA Pirngadi itu nggak sengaja nguping omongan temannya. Pas di dalam kamar mandi, ada dua teman Devi lagi ngobrolin gebetan mereka.

Lantaran mendapat cerita yang seru, Devi akhirnya penasaran sama isi pembicaraan sang temen. “Aku pengin tau siapa sih cowok yang lagi mereka omongin, aku lama-lamain deh di dalem kamar mandi,” celoteh Devi.

Bayu Caraka dari SMPN 33 sama. Dia juga pernah mendengar obrolan yang nggak jadi konsumsinya. Cowok hobi bersepeda itu pernah nggak sengaja menguping ortunya yang lagi diskusi.

“Mama sama Papa waktu itu lagi bahas masalah keluarga. Sebenarnya itu masalah yang rahasia banget, tapi aku penasaran pengin dengerin,” ungkap cowok yang deket sama mamanya itu.

Akhirnya dia tahu apa yang dibicarakan kedua orang tuanya. Namun, Bayu memilih diam. Sampai sekarang dia nggak pernah cerita bahwa dirinya udah tau masalah itu. Dia merasa itu bukan masalah yang harus ikut dipikirkannya.

Iseng-iseng berhadiah dialami Antonius Widya Pranata. Pelajar SMP St. Katarina tersebut cuma iseng saat dengerin sang temen lagi curhat-curhatan. Saat itu, kejadiannya lagi di depan kelas. Toni, sapaannya, berada di dalam kelas. Karena obrolan sang temen kencang, nggak sengaja dia pun mendengar.

Dari obrolan mereka, Toni tahu bahwa ada temannya yang kehilangan uang. “Gila aku baru tau kalo ada yang klepto gitu. Karena nggak ada kerjaan, aku dengerin mereka cerita sampai abis. Lumayanlah dapet info gratis gitu he he he…,” celoteh Toni.

Ariana Fitrayanti beda lagi. Pelajar SMKN 11 itu bisa memanfaatkan cerita yang didengar dari temannya. Nggak puas dengerin, Ariana menjadikan cerita temannya sebagai bahan gosip.

“Ceritanya, temenku lagi suka ama cowok. Langsung aja aku goda-godain. Jadi, pas ada si cowok di dekat dia, aku suka sok-sok nyomblangin gitu,” cerita Ariani yang akhirnya sukses menyebarluaskan berita itu.

One response to “Orang Indonesia Suka Nguping

  1. kog gambrnya cuman kyak gtu c!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s