Berita Perceraian AA Gym Membuat Darut Tauhid Makin Sepi


Meski sempat tegak dihantam badai, biduk rumah tangga Abdullah Gymnastiar dengan Ninih Muthmainah Muhsin akhirnya karam. Berita retaknya rumah tangga ustad yang sering disapa Aa Gym tersebut muncul di media massa.

Adik kandung Aa Gym, Abdurrahman Yuri, mengatakan perceraian tersebut masih dalam proses. “Belum diputuskan pengadilan,” ujar pria yang akrab disapa Aa Deda itu saat dihubungi Juli Hantoro dari Tempo, Selasa (4/12).

Badai di rumah tangga Aa Gym juga sempat beredar ketika ustad bernama asli Yan Gymnastiar itu memutuskan untuk berpoligami. Pada November 2006, Aa Gym memutuskan untuk menikahi janda beranak tiga bernama Alfarini Eridani atau akrab disapa Teh Rini. Namun, Teh Ninih tetap setiap mendampingi Aa Gym.

Kisah cinta Aa Gym dan Teh Ninih berawal pada 1986. Mereka bertemu pertama kali di Masjid At Taqwa, Kompleks Perumahan Angkatan Darat (KPAD), di malam peringatan Nuzulul Quran.

Saat itu Teh Ninih bertugas sebagai pembaca Al Quran. Teh Ninih tak lain sarjana Matematika IKIP Bandung. Dalam acara itu pula Aa Gym menjadi salah seorang panitia.

Dari situlah pertautan jodoh Aa Gym dengan putri KH Muhammad Tasdikin (Pengasuh Pesantren Darussalam Ciamis yang juga guru Aa Gym) dan Hj Nonoh Muhayah ini bermula.

Setelah mendekati Teh Ninih selama berbulan-bulan, Aa Gym akhirnya melamar Teh Ninih. Hati Teh Ninih pun luruh karena melihat Aa Gym getol mendalami ilmu agama. Buah pernikahan Teh Ninih dan Aa Gym menghasilkan tujuh anak.

Teh Ninih setia mendampingi Aa Gym dalam duka. Termasuk saat Aa Gym menghidupi Teh Ninih dan tujuh anak dengan berjualan kalender, koran, maupun bakso. “Subuh-subuh saya sudah ke pasar beli tulang sumsum untuk kuah bakso,” ujar Aa Gym saat diwawancarai dalam acara Kick Andy pada 17 Januari 2008 seperti dikutip situs Kick Andy.

Tapi mengapa sang istri waktu itu terganggu dengan profesi sang suami? “Karena setiap hari jualan bakso, badan saya bau bakso semua. Istri enggak tahan dan sering mau muntah,” ujar Aa sembari tertawa.

Karier Aa Gym makin kinclong setelah memberikan khotbah pada malam Nuzulul Quran tahun 2001 di hadapan para pejabat negara. Usaha MQ Corporation yang didirikan Aa Gym menggurita. Ada percetakan, penerbitan, stasiun radio, stasiun TV, periklanan, teknologi, kafe dan lain-lain.

Namanya pun beredar di dunia internasional. Ia pernah diwawancarai stasiun televisi berita CNN. Teh Ninih tetap setia mendampinginya.

Namun bintang Aa Gym meredup ketika ia memutuskan berpoligami. Berbagai usaha yang dibangun Aa Gym gulung tikar. Aa Gym pun dihujat. Namun, Teh Ninih pun tetap setia mendampingi Aa Gym.

“Ini keputusan yang paling berat dalam hidup saya. Saya dipaksa ikhlas. Allah tak mau hamba-Nya lebih mencintai selain-Nya. Jadi saya anggap ini ujian berat. Mudah-mudahan Allah akan meridhoi saya,” kata Teh Ninih menanggapi keputusan Aa Gym yang memutuskan berpoligami kala itu.

Sampai akhirnya muncul berita soal perceraian mereka. Bagaimana kelanjutannya?

Kabar tentang perceraian Aa Gym dan Teh Ninih, berdampak kepada pedagang yang berjualan di sekitar Yayasan Darut Tauhid di Gegerkalong, Bandung. Seorang pedagang roti yang berjualan di dekat masjid Darut Tauhid, Muhammad Sholehudin, mengaku beberapa bulan ini dagangannya menjadi sepi.

“Dagangan mulai sepi nya sih sejak Aa menikah lagi, tapi setelah kabar perceraian mulai ramai sejak beberapa minggu lalu, dagangan semakin sepi,” kata Sholehudin, saat ditemui Tempo, Rabu (05/01).

Menurut Sholehudin, menurunnya pendapatan juga dirasakan oleh pedagang lain yang berjualan di sekitar Darut Tauhid, hal tersebut kata Sholehudin, akibat dari semakin jarangnya jemaah yang datang untuk mengikuti pengajian. “Kalau dulu ramai, yang beli roti selalu mengantri, biasanya dalam sehari saya bisa menjual sampai 400 potong roti, sekarang menjual seratus saja susah,” ujarnya

Sholehudin yang juga mengontrak rumah di kawasan Darut Tauhid mengatakan, kabar tentang Aa Gym bercerai dengan Teh Ninih memang sudah ramai diperbincangkan warga sekitar sejak beberapa minggu lalu. “Awalnya saya tidak percaya, tapi pas beberapa hari ini saya baca di Koran, informasi itu ramai. Cuman kan itu bukan urusan saya, hanya saja memang setelah Aa Gym menikah lagi dan kabar perceraian itu ramai, dagangan jadi sepi,” katanya.

Saat Tempo mencoba mewawancarai Aa Gym, seorang pegawai Yayasan yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan Aa Gym sedang berada di Jakarta, “Aa sedang di Jakarta, Humas juga sudah pada pulang, mungkin dicoba besok datang lagi ke sini,” katanya.

Diminta tanggapan tentang kabar perceraian Aa Gym, pegawai Yayasan tersebut menolak untuk berkomentar, “saya tidak berwenang untuk berbicara hal itu,” ujarnya

Sebelumnya dikabarkan, pada akhir Desember lalu, dai kondang yang bernama KH Abdullah Gymnastiar, menalak 2 Teh Ninih. Sebelumnya Kabar perceraian Aa Gym dengan teh Ninih juga pernah mencuat pada 2009. Saat itu Aa Gym menalak satu Teh Ninih. Namun setelah talak satu dijatuhkan keduanya rujuk lagi.

1 responses to “Berita Perceraian AA Gym Membuat Darut Tauhid Makin Sepi

  1. waduh…inih info salah…daarutauhid itu ga akan sepi..malahn tambah rame? banyak orang cari ilmu? kalo cari info jangan jam 12 malem jelas lah ga ada orang….buktinya tentang perceraian apa? skrang dah tgl 19? ga ada tuh info lagi…kayanya media bner-bner mleset tuh…gosipin ulama…mndingan kita sama sam toibat aja

Tinggalkan komentar