Ciri Ciri Busana Karya Perancang Adesagi Kierana Yang Sering Dipakai Selebriti


Di kalangan desainer, Adesagi Kierana dikenal sebagai desainer yang teliti masalah detail busana. Inilah yang jadi ciri khas busana berlabel Adesagi Kierana dan Desagi Kierana.

Salah satu perancang busana Tanah Air, Taruna K. Kusmayadi, dengan gamblang menceritakan karya-karya Adesagi, meski tak kenal secara personal. Hasil karyanya terkonsentrasi pada dress dengan main detail, misalnya origami dan bordir. “Baju-baju karyanya itu pakai dalaman sehingga bagian pinggul ke lutut agak menggelembung,” kata Taruna kepada Tempo saat dihubungi, Selasa, 3 Januari 2012.

Menurut Taruna, ketelitian Adesagi bermain detail busana inilah yang membuatnya banyak disukai para wanita muda. “Enggak pasaran dan main alternatif,” kata Ketua Umum Pusat Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) itu.

Adesagi bukan orang baru di jagat mode Indonesia. Pria berusia 34 tahun itu sudah menjadi perancang sejak tujuh tahun silam. Kemungkinan mulai dikenal setelah masuk IPMI (Ikatan Perancang Mode Indonesia) sekitar dua tahun terakhir. “Sejak itu saya kira promosi dan show-nya terencana dan banyak diberitakan di koran dan majalah,” tuturnya.

Karena tak terlalu dekat dan beda organisasi, Taruna jarang bertemu dengan Adesagi. “Dia orangnya pendiam dan suka senyum,” kata Taruna, yang bertemu terakhir dengan mendiang Adesagi di Jakarta Festival Week tahun lalu.

Adesagi ditemukan tak bernyawa di kamar mandi rumah di belakang Gedung Sate Bandung, Jalan Cimandiri 28 A Bandung, Jawa Barat, Minggu, 1 Januari 2012. Ia ditemukan dalam kondisi bugil bersama temannya, Randi Yana Putra, 31 tahun.

Randy Yana Putera yang ditemukan tewas bersama desainer Adesagi Kierana adalah manajer butik The Upper East di lantai UG Grand Indonesia. Di mata karyawannya, Randy dikenal sebagai bos yang baik. Ini cerita Novi dan Icha, pegawai yang sedang menjaga butik, saat Tempo berkunjung ke sana, Selasa, 3 Januari 2012. “Hampir tiap hari dia datang untuk mengontrol,” kata Novi kepada Tempo.

Gadis ini mengaku kurang begitu mengenal Randy secara personal karena hubungannya dengan sang majikan hanya sebatas antara atasan dan bawahan. Sewaktu pemakaman Randy, Novi tidak datang melayat. Ia juga belum mengetahui orang yang bakal menggantikan posisi Randy di butik itu.

“Dia orang yang baik,” kata Icha, karyawan lain di butik itu. Meski begitu, mereka tidak mengetahui kehidupan pribadi Randy, termasuk hubungannya dengan desainer Adesagi.

Menurut Rifai, petugas kebersihan mal, Randy sering terlihat bersama dengan seorang teman wanita yang berkulit putih dan berpenampilan seperti model. “Wanita itu sering datang ke butik bersama Randy,” ujarnya.

Selama satu setengah jam Tempo melihat-lihat busana-busana yang terpajang di butik The Upper East, sebuah butik mewah yang hanya menyediakan busana wanita. Harga baju di sana rata-rata lebih dari Rp 2 juta, di antaranya bermerek Niccole Miller, Sjobeck, dan Robert Rodriguez. “Banyak kalangan artis dan sosialita yang berbelanja di sini,” kata Icha tanpa mau merinci siapa saja artis-artis tersebut.

Tinggalkan komentar